Sunday, June 18, 2017

[Day One] Belajar Bikin Pola


Hai Guys,
Hari ini adalah pengalaman pertama saya ikutan kursus menjahit yang sebenarnya bikin saya deg-degan.. hahahha

Ok let's start... Hari pertama yang saya dapatkan adalah: buku tulis untuk corat-coret pola, buku materi kursus, tali ukur,kertas skala buat menggambar, dan semacam alat buat cutting yang bentuknya bulet kayak roda (gak tau namanya) hahaha


First day tools
Lalu saya di jelaskan tentang mengukur badan, di halaman pertama buku kursus sudah ada poin-poin yang harus di ukur dan bagaimana mengukurnya, walaupun yang mengukur tubuh saya tetap si ibu pengajar, tapi sedikit-sedikit saya paham lah.. hahahha
Page 1 of the book
Next menggambar Pola, Panduannya ada di gambar ini. Setelah mengukur tubu, saatnya menerjemahkan ukuran tersebut ke Pola. Gambar ke dua ini adalah pola untuk ukuran tubuh. Sebagai patokan untuk menggambar pola pada kertas pola sesungguhnya.
Hari ini saya masih mengambar Pola pada buku catatan saya... Next baru akan di gambar di atas koran/kertas pola. Sebelum pulang si Ibu sudah menjelaskan tentang trik kalau mau menggambar polanya di kertas koran..
Nah sekarang yang saya pikirkan adalah PENGGARIS! penggaris apa yang akan saya gunakan, soale belum punya penggarisnya.. Ssstt... sejujurnya saya orang yang ga bisa menggambar garis lurus tanpa bantuan penggaris... hahahha
Selanjutnya menggabar Pola tangan. Menggambar pola tangan lebih sederhana daripada pola tubuh, hanya saja di sini ada bagian yang agak tricky yaitu bagian yang saya marker dengan warna berbeda karena kita harus membuat setengah lingkaran di bagian atas dan bawah.. hohoho
Juga ada rumus-rumus lainnya seperti angka 14 digambar, itu sudah angka paten ya.. Jangan diubah.. :)
Nah untuk semua pola-pola ini, saya harus menggabar 4 kali sama persis.. :)
Berhubung saya bikin pola ga terlalu lama.. (kata ibunya saya cepet tangkap hahahha )
Si ibu akhirnya nyuruh saya bikin pola kerah Shanghai/koko...
Semua pola yang saya gambar udah di rekap di gambar pertama di atas ya guys..

Kalau mau tau detailnya, boleh kok saya di chat.. :)

Oya, pas libur lebaran nanti saya targetnya mau bikin pola di kertas koran.... Mau curi start dulu, sekalian mau belajar ngukur badan mertua/adek sepupu deh.. hahaha

No comments:

Post a Comment